Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran

Sungguh sebuah pengalaman pembelajaran yang sangat berkesan manakala peserta didik antusias dan sangat tertarik dengan materi pembelajaran yang kita ajarkan. Keseruan ini dilatar belakangi karena guru menggunakan media pembelajaran serta model-model pembelajaran yang variatif. Cara mengajar guru yang monoton acapkali menimbulkan kebosanan pada peserta didik, hal ini berdampak pada rendahnya pencapaian hasil belajar. Tentu saja ini menimbulkan ketidakpuasan, baik pada diri peserta didik yang bersangkutan termasuk juga pada guru yang mengajar. 
Oleh karena itu, alangkah bijaknya manakala guru memiliki keinginan untuk selalu meng"up grade" kemampuan dirinya melalui berbagai pelatihan yang dapat mendukung perbaikan cara mengajar guru sehingga lebih menyenangkan dan tentu saja muaranya adalah berhasil dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Berbekal semangat dan keinginan meningkatkan kompetensi dirinya, penulis mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan komik sebagai media pembelajaran yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC pada Sabtu-Minggu, 15-16 Februari 2020.


Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran
Dalam pelatihan pembuatan media pembelajaran komik, aplikasi yang digunakan adalah Comic Life  3 yang dapat diunduh pada laman https://plasq.com/ selanjutnya kita akan memulai pembuatan komik, namun sebelum membuat komik, kita harus membuat storyline sesuai format yang disarankan agar komik yang dibuat memiliki rangkaian cerita yang utuh. contoh story line yang dibuat dapat dilihat pada contoh berikut ini.


selanjutnya pembuatan komik dilakukan dengan mengikuti fitur-fitur yang ada dalam template yang tersedia dari aplikasi Comic Life 3, contoh hasil dari komik yang sudah dibuat oleh penulis dapat dilihat di bawah ini.



Posting Komentar

20 Komentar

  1. As.saya wali murid dari Amanda sangat setuju dengan belajar melalui komik yang di kemas sebagai mata pelajaran , supaya murid 2 mudah mengingat pelajaran yg di sampaikan melalui gambar 2 dari komik tsb.kedua juga supaya murid2 tidak terlalu tegang dlm menerima pelajaran ,yang selama ini selalu monoton sehingga murid2 merasa jenuh dan bosan.Dengan metode ini mudah2an murid2 senang dan bersemangat dlm belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mama Amanda, semoga anak2 kita makin semangat dalam belajar

      Hapus
  2. Saya lisandra IX - H pernah mencoba membuat komik dengan bu Sri secara kelompok menurut saya itu sangat asiik aa gemoy

    BalasHapus
  3. Saya sri juliana putri-9H, menurut saya pembelajaran dengan membuat komik ini sangat menyenangkan apalagi waktu itu pernah di srh bikin juga perkelompok. Lucu banget, soalnya komiknya dari foto masing²gt, apalagi fotonya pada candid gt jd pada gemoy gitu😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalian memang anak2 yang hebat dan kreatif ....kembangkan terus ya ....

      Hapus
  4. Menurut saya RILLI NATALIA NURITA IX-H, pembelajaran dalam membuat komik ituu sangatt asikkk,seru, dan menyenangkan. Dengan metode pembelajaran ini, kita bisa meningkatkan kreativitas dan imajinasi dari diri kita sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali nak, di tangan tangan kreatif kalian, lahir karya2 monumental ....ibu bangga pada kalian semua

      Hapus
  5. Saya RIFKY FADHILLAH RAMADHAN 9h menurut saya belajar dengan gambaran komik mendorong anak muda tidak boring dalam mengenal pelajaran dengan melihat gambar serta tulisan yg gemoyyy best banget bu sri ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalian semua lah yang terbaik ....sukses untuk kalian semua, anak2 yang super

      Hapus
  6. Saya RIFKY FADHILLAH RAMADHAN 9h menurut saya belajar dengan gambaran komik mendorong anak muda tidak boring dalam mengenal pelajaran dengan melihat gambar serta tulisan yg gemoyyy best banget bu sri ❤️

    BalasHapus
  7. Saya Haura alva 9H. Menurut saya pembelajaran dengan komik dapat meningakatkan jiwa seni dan kreativitas.

    BalasHapus
  8. Menurut saya MAISIE FAKHIRA CAMILLA-9H,Pembelajaran komik sangat mudah dipahami karena kita belajar dengan media gambar,yang membuat anak anak tidak mudah bosan.dgn gambar komik juga kita tidak hanya belajar menggunakan otak kiri,tetapi otak kanan pun juga ikut bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap maisie ...masih ingat dengan belahan otak kanan dan kiri, teruslah berkarya

      Hapus
  9. Menurut saya (poetri shabrina) pembelajaran diatas sangat menyenagkan

    BalasHapus
  10. Menurut saya (poetri shabrina) pembelajaran tsb sangat tidak membosankan

    BalasHapus
  11. Saya Legia Asyfah 9H menurut saya pembelajaran komik sangat asikk karena menambah kreatif anak sesuai dengan materi yang ada dan juga buat kita ga bosen. Makasih bu Sri❤

    BalasHapus