PEMBELAJARAN DENGAN METODE "QUIZIZZ" SERU DAN MENYENANGKAN

Salah satu efek dari kegiatan Work From Home (WFH) yang diperpanjang hingga 19 April 2020 sebagai sebuah kebijakan Pemda DKI Jakarta dalam memutus mata rantai penyebaran virus covid 19, membuat peserta didik mengalami penambahan masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang sejatinya sudah sangat dikeluhkan oleh peserta didik maupun orang tua. 
Curhatan peserta didik pada gurunya melalui media WAG yang menyatakan kerinduannya pada teman-teman dan suasana sekolah ditambah lagi dengan banyaknya tugas yang dibebankan oleh guru di setiap harinya membuat guru harus memutar otak, mencari cara atau metode pembelajaran jarak jauh yang lebih kreatif, inovatif dan menyenangkan dan tentu saja berbiaya murah (quota tidak harus besar). 
Konsep pembelajaran yang menyenangkan seharusnya di usung oleh setiap guru dalam menyikapi kejenuhan peserta didik dengan model penugasan dan latihan soal. Berbagai metode digunakan guru menyikapi tuntutan Pembelajaran Jarak Jauh diantaranya menggunakan berbagai aplikasi yang disediakan oleh pemerintah (ct. Si Pintar/SIMAK) dan lembaga yang peduli pendidikan lainnya, dari yang berbayar hingga yang gratis (seperti Rumah Belajar Kemdikbud, Ruang Guru, Edmodo, Google Classroom, Blog , Video Maker dan lain-lain). 
Melalui berbagai pengalaman dalam pembelajaran jarak jauh yang telah diterapkan selama dua minggu berjalan, kiranya  perlu memberikan sedikit refresing bagi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukannya. 
Salah satu alternatif cara yang bisa diterapkan pada peserta didik adalah pembelajaran dengan menggunakan metode Quizizz. Pembelajaran ini tentu saja menggabungkan media lain selain aplikasi Quizizz yaitu menggunakan WAG kelas. 
Sebelum menggunakan Quizizz dalam pembelajaran, seorang guru dituntut harus mempersiapkan bentuk quis nya melalui https://quizizz.com setelah dipersiapkan maka kuis tersebut dapat dimainkan bersama pada waktu yang ditentukan. Karena quis ini di buat untuk merefresh kejenuhan peserta didik maka item quis yang dibuat sebaiknya yang ringan-ringan saja namun tetap tidak keluar dari aspek materi serta tuntutan update informasi kekinian terutama wabah corona. 
Berikut ini quis buatan penulis yang dapat dilihat pada 
Langkah yang bisa dilakukan adalah buat kesepakatan dengan peserta didik, akan memulai quiz pada jam dan hari apa kemudian berikan link berikut pada hari yang telah disepakati.

Join dengan Quizizz menggunakan link yang diberikan oleh guru




Saat permainan sedang dilakukan
Salah satu kelebihannya dari penggunakan metode Quizizz pula adalah  rekapitulasi hasil capaian peserta didik serta analisis item quiz dapat langsung diperoleh dan dapat langsung di share ke email peserta didik maupun email orang tua. sehingga pendokumentasian  kegiatan dapat pula digunakan sebagai tambahan penilaian peserta didik.

Ketika pembelajaran dengan menggunakan metode ini diterapkan ternyata luar biasa respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran tersebut.






































































Contoh hasil capaian peserta didik dalam Quizizz.

Posting Komentar

25 Komentar

  1. Seruu banget buu , kalo belajar kek gini jadi berasa ga terlalu pusing jadi kek dibawa asik gitu sambil maen tapi mengasah otak juga bikin ga bosen juga😄😆 seru bngt deh 👍🏻❤️

    BalasHapus
  2. seru parah si quiz nya jadi gabosen gitu dirumahh. pokonya best bgt laa

    BalasHapus
  3. Nama : RILLI NATALIA NURITA
    Kelas : IX-H

    Komentar:
    Seruu buu ya ampunn, asikk, ini bisaa jadi hiburann buu, ngilangin stress krn tugas bnyak, ini belajar tpi bisa smbil main, gk ngebosenin, dan ini game yg mengasah otak, pokoknyaaa seruu dehh buu!!🖤

    BalasHapus
  4. Maisie Fakhira Camilla-9H
    Pembelajaran pakai quizizz seru bu! jdi ngga boring blajarnya walaupun dirumah:)👍🏻

    BalasHapus
  5. sri juliana putri
    pembelajaran hari ini Sangatt sangatttt menyenangkan❤pokoknya asiik deh,gak ngebosenin,gemoyy parah,the best deh😍❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih Sri Juliana yg smart, semoga besok bisa lebih seru lagi ya...

      Hapus
  6. Nama: Anggi Aprilianita
    Kelas: IX-H

    Pembelajaran hari ini Seru banget bu, asiik parahh, gregetan sendiri wkwk pokoknya the best dehhhhh🤍

    BalasHapus
  7. 🙏seru banget bu bisa belajar sambil bermain✌
    Pokoknya pembelajaran hari ini paten dahh 🤙
    🤜Jadi kaga bosen belajar di rumah soalnya enak bisa belajar sambil bermain 🤣🤛

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:RIZKY SYAHPUTRA
      Kelas:IX-H

      Hapus
    2. ok Rizky....kalian the best student forever for me...

      Hapus
  8. Pembelajarannya seru jadi belajarnya lebih menyenangkan, nggak bikin bosen, dan bisa menambah wawasan👍♥️

    BalasHapus
  9. ALMA AULIA SYAHARANI

    seru parah si quiz nya jadi gabosen gitu dirumah. pokonya ma best bgt la

    BalasHapus
  10. Nama: Aulia Alfanal H
    Kelas: 9H

    Pembelajaran hari ini seruuu banget dan ga ngebosenin🔥👍

    BalasHapus
  11. Nadia hardianti

    Seru banget buuuu quiziz tadi siang padahal kita belajarnya di rumah ga ngebosenin sama sekali hehe

    BalasHapus
  12. Legia asyfah 9h

    Sangattt menyenangkann bu seruuu bangettt ga ngebosenin belajarnyaaa bikin nagihh terussss, sering-sering ya bu belajar pake Quizizz😆😍❤❤❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok siap... besok pake kahooot ya biar variatif

      Hapus