PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) AKIBAT PANDEMI COVID 19

Berawal dari telephone di suatu pagi, Rabu 18 Maret 2020, Ketua MGMP IPS Provinsi DKI Jakarta, Bpk Agus Mulyono yang meminta kesediaan penulis untuk diajukan namanya sebagai penyusun RPP di Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, maka penulis memulai sebuah kegiatan pelatihan pembuatan RPP untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh dimana kegiatan pelatihannya dilakukan melalui media whatsapp group dan saat diperlukan untuk saling bertemu dilakukan dengan pertemuan secara online menggunakan aplikasi Meeting.Us  Sebuah pengalaman yang mau tidak mau patut dicatat sebagai bagian dalam sejarah kehidupan penulis. Walau pertemuan secara online dengan beberapa teman sudah pernah dilakukan dengan berbagai sarana seperti skype, teleconference, dll namun tak urung ini menjadi pengalaman tambahan yang lumayan berkesan.
suasana saat meeting online dengan aplikasi meeting.us

Ternyata kegiatan yang awalnya dipahami penulis adalah pembuatan RPP semata ternyata kita harus memasukan RPP tersebut kedalam LMS (Learning Management System) yang telah disiapkan oleh Tim dari Dinas Pendidikan,  yaitu , tentunya ini adalah inti dari pengalaman luar biasa yang tidak dapat penulis lupakan sepanjang hidup. 
Bergabung dengan guru-guru hebat  jenjang SMP SMA di DKI Jakarta yang akan mengisi content pembelajaran gratis yang disediakan oleh pemerintah dalam hal ini Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta untuk membantu guru-guru di seluruh wilayah tanah air dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh yang terjadi akibat adanya Pandemi virus corona Covid 19. 



Kegiatan berselancarpun dimulai dengan langkah-langkah penyematan RPP kedalam LMS melalui bimbingan tim dari Sekolahmu (Mas Farli), walaupun banyak kerepotan di awalnya namun semangat gigih para guru membuat segala kendala diselesaikan satu demi satu dengan baik. Ketika terselesaikan satu konten pembelajaran buatan kita muncul dalam LMS rasanya sebuah kebahagiaan dan rasa puas atas kerja keras yang telah dilakukan. 

Akhirnya menulis dan mengisi konten menjadi sebuah kebutuhan baru yang harus dipenuhi, alhamdulillah dalam waktu satu minggu sudah dihasilkan dua karya penulis yang dapat diakses oleh siapapun. Semoga apa yang kami lakukan menjadi ladang amal bagi kami dan dicatat sebagai pahala yang akan memberatkan timbangan amal kami kelak di yaumil akhir, aamiin.

Cek kontenku disini 



Posting Komentar

4 Komentar