"Lesson study sebuah alternatif perbaikan pembelajaran" (Guru Model SMPN 231 Jakarta)

Beberapa bulan yang lalu, SMP Negeri 231 Jakarta menjadi sekolah sasaran pendampingan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian kurikulum 2013 (PPP K13) yang dilaksanakan oleh LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Provinsi DKI Jakarta. Ada 4 orang guru yang berlatar belakang mata pelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Prakarya mengikuti kegiatan bimbingan teknis PPP K 13 selama 3 hari yang dilanjutkan dengan pendampingan operasional selama 3 bulan. Melalui kegiatan bimtek, para guru dibekali dengan ketrampilan menyusun RPP, merancang bahan ajar dan media pembelajaran serta memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran. Setelah diberi bekal tersebut maka tahapan selanjutnya LPMP melakukan pendampingan operasional selama 3 bulan terhadap implementasi pengetahuan yang telah diperoleh.

Kegiatan Lesson Study Mata Pelajaran IPS Kelas 9 di SMP N 231 Jakarta

Pembiasaan menyanyikan lagu Indonesia Raya di awal pelajaran

Adapun tahapan kegiatan pendampingan operasional dapat dilihat berikut ini:

Pada saat lesson study yang merupakan bagian dari kegiatan pendampingan, seorang guru model diamati oleh tidak kurang dari 6 orang guru berlatar belakang serumpun untuk melihat keseluruhan aktivitas peserta didik dan membuat catatan-catatan yang dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi dan rencana tindak lanjut. Berikut dokumentasi kegiatan lesson study pada guru model.




Posting Komentar

54 Komentar

  1. Seperti kata Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, "Teknologi adalah tools, hanya suatu alat. Bukan segalanya. Kualitas pembelajaran dalam kelas, interaksi antara guru dan murid itu esensinya."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya setuju, kualitas interaksi pembelajaran yang didukung dengan perencanaan yg matang serta media pembelajaran yg menarik tentu menjadi tuntutan guru

      Hapus
  2. Mantep Bu makasih materi lesson studyny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok pak, semoga bisa menginspirasi ya, sehingga dapat diterapkan di sekolah bapak juga

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Menurut saya Lisandra IX - H kegiatan lesson study seru dan membuat rasa baru pada saat belajar ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasa baru yang seperti apa Lisandra ? apakah makin semangat belajar ?

      Hapus
  5. Menurut saya Bintang Nuraeni IX-H . Tentang kegiatan lesson study ini kita bisa menjadi tahu bahwa informasi atau hal hal yang mengenai pelajaran tidak hanya ada dibuku saja juga diinternet juga ada , apalagi dengan kita memanfaatkan teknologi yang semakin canggih seperti di era sekarang ini dan itu menurut saya cara belajar yang sangat mengasikkan dan tidak mudah membuat bosan😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali Bintang, apalagi pemberian quiz melalui quiziz dimana siswa bisa langsung menggunakan HP dan langsung tahu peringkat nilainya dalam kelas tentu makin menarik lagi

      Hapus
  6. Menurut saya Aryanto Pratama kegiatan lesson study kita jadi lebih tau dan mudah di pahami/di pelajari,apalagi dengan menggunkan teknologi modern di era sekrng ini dan tidak membosankan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke depannya Aryanto dan teman-teman bisa membuat quiz dengan aplikasi quiziz sendiri ya ..sehingga akan makin terlatih dan trampil dalam menjawab

      Hapus
  7. Menurut saya RIFKY FADHILLAH RAMADHAN Kelas IX-H tentang lesson study sangat bagus dimana kita dapat memanfaatkan geknologi masa kini bukan hanya untuk bermain games saja tetapi juga sebagai sarana kita memudahkan untuk mencari informasi dan bagi saya kegiatan ini membuat seorang pelajar yang dulunya tidak suka belajar menjadi suka saya harap kedepanya guru guru dapat memanfaatkan teknologi masa kini sebagai pembelajaran ��❤️ Terimaksih bu sri sudah membuat kami bisa paham belajar dengan menggunakan hadphone

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalianlah yang menginspirasi ibu agar senantiasa up to date dalam model2 pembelajaran, sukses untuk 9H

      Hapus
  8. menurut saya Alma Aulia kls IX-H tentang lesson study sangat bagus dan menarik,kita jadi tau apa itu window shopping. pokonya mah seru abiss lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip lah .....Alma jadi berani tampil juga khan ....Mantap

      Hapus
  9. Menurut saya RILLI NATALIA NURITA kelas IX-H tentang lesson study ini sangat menyenangkan, mempermudah proses pembelajaran dengan menggunakan alat komunikasi seperti handphone. Dan di dalam lesson study ini, kita dapat bermain kuis serta kita bisa melakukan window shopping.
    TERIMA KASIH BU sri sudah melakukan lesson study ini

    BalasHapus
  10. Menurut saya Ahmad Ersa Erlangga kelas lX-H Pembelajaran dengan menggunakan metode Lesson Study ini sangat penting karena lebih praktis di bandingkan menggukan alat tulis seperti buku, pensil,dll. Dalam metode ini juga lebih baik , karena kita di ajarkan bagaimana menggunakan Handphone sebagaimana seharusnya dilakukan dengan baik. Terima kasih Bu Sri telah memperluas pengetahuan saya dalam bidang teknologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap ....Top Banget untuk Ketua Kelas 9 H, Ersa mampu mengorganisir teman-temannya dengan baik

      Hapus
  11. Heii saya Nadia hardiantii kelas 9H disini saya mendapatkan banyak tentang informasi, informasi yang tidak di terima melalui buku atau majalah yang membosankan itu wkwk kita dapat mengetahui informasi lainnya menggunakan internet atau handphone, komputer, laptop dan sebagainya tetapi kita harus menggunakannya dengan sisi positif tidak boleh menggunakannya untuk sisi yang negatif. Pokok e di lesson study ini membuat saya senang akan pembelajaran seperti ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses selalu Pesilat cantik ku ....semoga pembelajaran ini makin bermakna untuk masa depan kalian semua

      Hapus
  12. Saya isna Nurjanah kelas 9H di pembelajaran lesson study ini membuat wawasan saya melebar tentang internet, tentang bagaimana belajar melalui handphone yang sudah ada di genggaman semua orang. Dan pembelajaran seperti ini tidak membuat saya bosan

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu mengambil manfaat dan sisi baik dari sebuah pembelajaran ya ...sukses selalu utk Isna

      Hapus
  13. Menurut saya sri juliana putri-9H, pelajaran lesson study ini sangattttt sangattt menyenangkan di mana kita memanfaat kan teknologi hp bukan hanya untuk bermain saja tetapi juga bisa di gunakan untuk belajar juga.Intinya seru bangett deh belajar menggunakan hp bikin nambah semangat belajar.. Next time blh la bu lesson study lagi😁👍💪

    BalasHapus
  14. Menurut saya Haura alva kelas IX-H lesson study terasa lebih menyenangkan dan menarik sehingga pelajaran lebih mudah untuk diingat dan dimengerti. Terima kasih bu Sri

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama sayang, satu lagi Haura menjadi lebih percaya diri dalam presentasi , mantapppp

      Hapus
  15. Menurut saya Siti Setyawati kelas IX-H lesson study menyenangkan dalam proses belajar tidak membosankan. Makasih bu sri :)

    BalasHapus
  16. Menurut saya Aulia Alfanal H kelas IX-H kegiatan lesson study sangat menarik dan memudahkan kita dalam kegiatan belajar. Makasih bu sri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Aulia, ambil hikmah di setiap kegiatan

      Hapus
  17. Menurut saya Lingga Puspita dari kelas 9H belajar dengan proses lessen study dengan cara window shopping sangat membantu anak anak karena selain menyenangkan cara pembelajaran nya, anak anak pasti akan langsung masuk dengan pelajaran nya. Pokok nya seru bangt...

    BalasHapus
  18. Menurut saya MAISIE FAKHIRA CAMILLA-9H,Pembelajaran study lesson ini sangat kreatif,aktif,dan inovatif.Dimana kita bisa lebih dalam mengetahui tentang teknologi zaman milenial dalam pembelajaran.kita bisa praktis tanpa ribet.pokoknya study leason sangat seru dan menarik.Terimakasi bu Sri telah memperkenalkan saya study lesson����

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip lah....ke depan kita coba model yang berbeda ya ...

      Hapus
  19. Menurut saya MAISIE FAKHIRA CAMILLA-9H,Pembelajaran study lesson ini sangat kreatif,aktif,dan inovatif.Dimana kita bisa lebih dalam mengetahui tentang teknologi zaman milenial dalam pembelajaran.kita bisa praktis tanpa ribet.pokoknya study leason sangat seru dan menarik.Terimakasi bu Sri telah memperkenalkan saya study lesson����

    BalasHapus
  20. Menurut saya MAISIE FAKHIRA CAMILLA-9H,Pembelajaran study lesson ini sangat kreatif,aktif,dan inovatif.Dimana kita bisa lebih dalam mengetahui tentang teknologi zaman milenial dalam pembelajaran.kita bisa praktis tanpa ribet.pokoknya study leason sangat seru dan menarik.Terimakasi bu Sri telah memperkenalkan saya study lesson����

    BalasHapus
  21. Saya Anggi Aprilianita:
    Menurut saya lesson study ini sangat mengasikan dan sangat bagus karna bisa menambah wawasan saya dan saya jadi tau dampak positif dan negatif nya dari perkembangan teknologi informasi di Indonesia. Saya sangat suka hehehe love Bu sriiii<3

    BalasHapus
  22. Saya Sindi Ayu Lestari:
    Menurut saya lesson study nya itu seru bangettttt saya jadi banyak tau tentang perkembangan teknologi di Indonesia apalagi bagi kaum milenial seperti kita-kita pokoknya the best dehhhhh

    Note: saya minjem hp anggi hehe:)

    BalasHapus
  23. Menurut saya bayu ananda kelas IX-H pembelajaran lesson study sangat asik dan bisa mendapatkan informasi dan wawasan lebih mudah
    Pkonya asik deeh.

    BalasHapus
  24. Menurut saya (poetri shabrina) semua guru haru lebih sering melakukan kegiatan ini dibidang pelajaran manapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you my favourite student....you are my partner in discussing about anything, good luck for you....

      Hapus
  25. Saya Legia Asyfah 9H, menurut saya pembelajaran dengan metode lesson study ini sangaaat menyenangkann belum lagii cara pembelajarannya berbeda dari cara-cara pembelajaran sebelumnya jadinya kita juga ga bosen buat belajar dengan begitu kita bisa lebih mudah mengingat dan memahami materi yang di pelajari. Terima kasih bu Sri❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama sayang, semoga bermanfaat untuk kalian semua

      Hapus
  26. Menurut saya Adelia Putri Fatimah 9H.pelajaran lisan study ini sangat bermanfaat dan sangat baguss juga bagi kita

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum bu Sri, bagaimana membuat video pembelajaran yang ada di materi lesson study ini. Mohon di jabarkan kelebihan dan kekurangan dari lesson study ini..Terima kasih ya Bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam wrwb, video pembelajarannya dibuat saat kita melakukan kegiatan pembelajaran dg meminta bantuan salah seorang guru yang termasuk dalam tim lesson study, kelebihan lesson study salah satunya guru mapel serumpun bisa menerapkan model pembelajaran serupa setelah melihat kegiatan namun kelemahannya juga ada dimana guru tim lesson study sejatinya hanya perlu melihat aktivitas siswa namun kadang justru yang dilihat adalah kelemahan2 guru dalam mengajar

      Hapus
  28. Salam kenal Bu, kalau boleh tahu Ibu di PEP Uhamka angkatan ke berapa ya? Saya angkatan 45, kalau boleh minta no kontak Ibu supaya bisa gabung di grup Keluarga Besar PEP Uhamka. Oh ya, selama ini apa saja kendala yang Ibu alami pada saat mengajarkan IPS dan apa saja upaya yang Ibu lakukan untuk menyiasatinya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga bu Peni, utk no hp nanti via wa grup saja ya ....kendala dalam membelajarkan IPS salah satunya penguasaan materi, secara background pendidikan saya geografi namun harus mengampu 4 mapel yang dipadukan menjadi IPS, untuk kendala lainnya masih bisa diatasi

      Hapus