Perubahan Sosial Budaya

Anak-anakku kelas 9 yang selalu di hati ibu, semoga yang menjawab salam dari ibu akan LULUS Ujian Sekolah dan DITERIMA di SEKOLAH LANJUTAN YANG DIIDAM-IDAMKAN, aamiin
Assalamu'alaikum warrohmatullahi wabarokatuh......


Anak-anak hebat dan kereen kelas 9 yang sedang mengikuti pelajaran hari ini melalui media blog ibu, kalian adalah anak-anak hebat karena sudah berhasil mengikuti pembelajaran di tengah banyaknya kendala di masa PJJ ini. Terima kasih ya......😊kalian sudah mengikuti pelajaran IPS setiap minggunya dengan sangat antusias dan aktif. Ibu bahagiaaaaa sekali 💞 bisa mengajar kalian di kelas 9. Kelas ini adalah kelas terhebat dalam sejarah pembelajaran di masa pandemi, Kalian memang Luaaar Biasaaaa. 

Sebelum memulai kegiatan belajar hari ini yuk saksikan video teka-teki ini, sambil mencoba menjawab ya .....

wah ....luar biasaa, mantap ...kalian dapat menjawab semua teka-teki tersebut dengan tepat, kalian memang LUAR BIASA. 

Baiklah, setelah kalian bermain teka-teki yuk kita mulai pembelajaran hari ini. 

Kita akan mempelajari materi PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DAN GLOBALISASI

Materi ini dapat kamu pelajari melalui buku paket halaman 87-114 (buka ya... buku paketnya)

sudah dibuka dan dibaca materinya ??? Mudah-mudahan kalian sudah membacanya ya....

sekarang yuk saksikan tayangan video berikut ini 





hayooo siapa yang pernah memainkan permainan ini ???


atau ini 

masih adakah permainan2 tersebut di sekitarmu ? lalu permainan tradisional apa lagi yang masih dapat kamu jumpai disekitarmu ? Tulislah jawabanmu di kolom komentar di bawah ini ya !!!






 




Posting Komentar

115 Komentar

  1. Nama: Afrin Raisa Nur
    Kelas : 9h
    Permainan yang masih saya jumpai disekitar saya
    -Petak umpat
    - bola bekel
    -gundu
    -congklak
    - gobak sodor
    - dan permainan ular naga panjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Edelweis
      Kelas:9G
      Permainan yang masih ada di lingkungan saya adalah :
      - Demprak
      - Galaksin
      - Lompat Tali
      -Bola Bekel
      - Congklak.

      Hapus
  2. Permainan tradisional yang masih dapat saya temui adalah permainan demprak, kelereng, kartu gambar, lompat tali, enggrang tapi permainan itu saya temukan di daerah dekat Bekasi yang masih perkampungan🙂👍

    BalasHapus
  3. Nama: Andri Sheva darmawan
    Kelas:9h
    -ular naga panjang
    -petak umpet
    -congklak
    -bola bekel

    BalasHapus
  4. Nama :Rafli Fahreza
    Kelas : 9H
    Permainan yang masih saya jumpai di lingkungan sekitar
    -kelereng
    -petak umpet
    -Congklak
    -loncat tali
    -dan engklek

    BalasHapus
  5. Permainan tradisional di daerah saya masih ada, contohnya kelereng, congklak, lompat tali

    Muhamad khalis w./IX-H

    BalasHapus
  6. Masih tetapi sudah tidak banyak lagi,kadang masih ada yang bermain lompat karet. Permainan tradisional disekitar saya ada banyak misalnya, lompat karet, benteng,gobak sodor.

    BalasHapus
  7. Eva Faradilla (8)
    9H

    Yang paling atas namanya permainan lompat tali, di daerah sekitar saya sudah jarang bahkan hampir sudah tidak ada lagi yang memainkan permainan tersebut, biasany permainan tradisional yang masih dimainkan di daerah sekitar saya yaitu seperti kelereng dan layang layang

    BalasHapus
  8. Nama: Nurul Savitri
    Kelas: 9H

    Permainan tradisional yang masih dapat saya temukan adalah permainan
    1.demprak kelereng
    2.kartu gambar
    3.lompat tali
    4.enggrang tapi
    permainan itu dapat saya temukan di daerah dekat Bekasi yang masih banyak perkampungan

    BalasHapus
  9. Nama : Hersa Desiana(11)
    Kelas : 9H

    Permainan tersebut sudah tidak ada yang memainkannya lagi karena semua beralih kepada handphone yang menurut mereka lebih menarik dibandingkan permainan tradisional dan mengikuti zaman. Permainan yang masih saya temui yaitu permainan seperti egrang, gundu, layang-layangan, demprak.

    BalasHapus
  10. Nama:Vico Apriliani Putri
    Kelas:9H
    Absen:33

    Jadi
    •Permainan diatas masih banyak aku jumpai di tempat tinggal ku,terutama lompat tali
    Permainan lompat tali itu banyak anak anak yang memainkan nya,kalau yang gulung ban itu sedikit aku temukan di tempat tinggal ku karena,bahan ban yang sulit di cari,lalu jalanan di rumah ku agak berbatu jadi sulit untuk di mainkan,

    •Lalu permainan tradisional yang lain aku temukan di tempat tinggal ku adalah permainan demprak/bubuy bulan,kelereng,benteng,tang jongkok,congklak,dan petak umpet.

    aku suka bermain-main itu sampai sekarang😭❤️❤️

    BalasHapus
  11. nama:Fazira Nur Sabrina
    kelas:9H
    Permainan yang masih saya jumpai dilingkungan saya:
    -gobak sodor
    -petak umpat
    -benteng
    -ular naga panjang

    BalasHapus
  12. Nama=Muhammad Rangga Febrian
    Kelas=9H
    Permainan yang sering saya jumpai di sekitar saya
    -petak umpet
    -kelereng
    -congklak
    -lompat tali
    -gundu

    BalasHapus
  13. Nama : Ghibran Ramadhan Soamole
    Kelas : 9H
    Permainan Yang masih ditemukan di daerah sekitar saya yaitu, kelereng, demprak, layang - layang, Dan petak umpet. Permainan Yang lainnya sudah jarang di temukan di sekitar daerah saya

    BalasHapus
  14. Dian Rahma Novita | 9H | 7
    Permainan tradisional yang masih ada di lingkungan sekitar saya yaitu demprak, bola bekel, lompat tali, mainin karet juga . Sepertinya itu saja sih, Bu, soalnya sekarang sudah pada beralih main gadget semua.

    BalasHapus
  15. Nama : Ahmad Fadil
    Kelas : 9H
    Permainan tradisional yang masih saya jumpai seperti petak umpet,kartu buah buahan, dan bola bekel

    BalasHapus
  16. Suci Ramadhani (32)
    9h

    •permainan yg masih saya jumpai di sekitar saya
    -bola bekel
    -lompat tali
    -petak umpet
    -gundu
    -demprak
    -grobak sodor
    -ular tangga panjang
    Dan masih banyak lain nya👍

    BalasHapus
  17. Nama:Zakia putri
    kelas:9H
    permainan yg masih di temukan di sekitar saya adalah, gundu,demprak,petak umpat,dan lompat karet

    BalasHapus
  18. nama : siti aisyah
    kelas : XI-H
    permainan yang masih ditemui di lingkungan sekitar saya :

    1. lompat tali
    2. kelereng
    3. demprak
    4. panggal
    5. petak umpet
    6. ular naga panjang
    7. bola bekel
    8. congklak
    9. benda bendi
    10. benteng

    BalasHapus
  19. Nama: Jihan Qanita(14)
    Kelas: 9H
    Senin, 5 Oktober 2020

    Permainan yang saya dapat temukan yang masih dimainkan yaitu ada lompat tali tetapi itu sudah jarang sekali dan petak umpet itu saya dan teman saya disekolah masih sering memaikan permainan itu

    BalasHapus
  20. Nama:ilham kurniawan
    IX-H
    Masih ada, permainan yang saya jumpai:
    -petak umpet
    -bermain layangan
    -kelereng
    -Demprak
    -Congklak

    BalasHapus
  21. Nama:Ryo Dimas Febriawan
    Kls:9H
    Masih Banyak Di Jumpai Permainan Tradisional Di Sekitar Saya
    Contoh Permainannya Adalah
    -Petak Umpet
    -Demprak
    -kelereng
    -Layang ngan
    -Bentengan

    BalasHapus
  22. Muhamad Fakih (16) 9h
    Permainan tradisional pada gambar tersebut sudah jarang saya temui di lingkungan sekitar saya, tapi ada beberapa permainan tradisional yg masih dimainkan di lingkungan saya seperti, kelerang dan benteng

    BalasHapus
  23. Nama: Ardiansyah Cahya Pratama
    Kelas : 9H
    Permainan tradisional di daerah sekitar saya sudah jarang ditemui karena sekarang sudah memakai teknologi yang canggih seperti bermain game online di handphone (HP) tetapi ada permainan tradisional yang masih ada di sekitar saya seperti :
    - permainan kelereng
    - permainan demprak
    - permainan kartu gambaran
    - permainan gobak sodor
    - permainan petak umpat
    - permainan lompat tali
    - dan permainan congklak

    BalasHapus
  24. Zahra Larasati|9-H|34
    Permainan tradisional yang sering saya temukan yaitu petak umpet,demprak,bola bekel, layang-layang.permainan yang lainnya sudah jarang saya temukan di daerah saya

    BalasHapus
  25. Zahra Larasati|9-H|34
    Permainan tradisional yang sering saya temukan yaitu petak umpet,demprak,bola bekel, layang-layang.permainan yang lainnya sudah jarang saya temukan di daerah saya

    BalasHapus
  26. Zahra Larasati|9-H|34
    Permainan tradisional yang sering saya temukan yaitu petak umpet,demprak,bola bekel, layang-layang.permainan yang lainnya sudah jarang saya temukan di daerah saya

    BalasHapus
  27. Nama :Siti Nurfadilah
    Kelas :9 H
    Permainan tradisional yang masih ada di lingkungan sekitar yaitu seperti Gobak sodor,ular Naga panjang,petak umpet, Congklak,bola bekel,Tali karet

    BalasHapus
  28. Nama Naufal Rizki Said
    Kelas 9H

    hayooo siapa yang pernah memainkan permainan ini ?
    saya pernah nya memainkan permainan lompat tali saja.
    masih adakah permainan2 tersebut di sekitarmu ? mungkin duluh ada, tetapi sekarang sudah jarang yang memainkannya.
    lalu permainan tradisional apa lagi yang masih dapat kamu jumpai disekitarmu ?
    yang ada di sekitar saya itu. ada layang layang, gundu, gasing dari bambu. mungkin hanya segitu yang saya temukan di sekitar saya

    BalasHapus
  29. Muhammad Farid Al Husni
    9h

    Permainan yg masih saya jumpai disekitar lingkungan saya adalah

    1.petak umpat
    2.kelereng
    3.lompat tali
    4.kartu/gambaran
    5.demprak
    6.gobak sodor dan
    7.layangan

    BalasHapus
  30. Nama: Rizki Pratama
    kelas9H
    permainan tradisional yg masih saya temukan lumayan bnyk seperti:enggrang
    congklak
    lompat tali
    demprak
    sbnrnya msh banyak yg lain tetapi saya lupa nama permainan nyaa hehe

    BalasHapus
  31. Nama: Muhammad Nurur Riziq
    Kelas;9H

    Permainan yang masih saya jumpai di lingkungan saya yaitu seperti sodor,ular Naga panjang,petak umpet,polmal Congklak,bola bekel, dan masih banyak yang lainya

    BalasHapus
  32. nama : zidan ramadhan
    kelas : 9h

    permainan yg masih ada di daerah sekitar saya adalah :
    -layang layang
    -gundu
    -panggal
    -lompat tali
    -demprak

    BalasHapus
  33. Nama:Rafif Ghiyas Muqtafi
    Kls:9i
    Masih Banyak Di Jumpai Permainan Tradisional Di Sekitar Saya
    Contoh Permainannya Adalah
    -Petak Umpet
    -Demprak
    -kelereng
    -Layang ngan
    -Bentengan

    BalasHapus
  34. Nama:Ardi Ambiya Fathir
    Kelas:9i

    Permainan yang masih ada di daerah sekitar saya adalah:
    -demprak
    -layang layang
    -petak umpet
    -lompat tali
    -gundu

    BalasHapus
  35. Nama: Wahyu yudistira
    Kelas:9i
    Absen:35
    Masih ada, permainan yg masih ada di daerah saya:
    1.kelereng
    2.layang layang
    3.petak umpet
    4.lompat tali
    5.demprak
    6.gobak sodor

    BalasHapus
  36. Nama: Muhammad Hawari
    Kelas: 9i

    Permainan yang masih ada di daerah saya yaitu:
    1. Demprak
    2. Layang layang
    3. Petak umpet
    4. Kelereng
    5. Panggal
    6. Lompat tali
    7. Bentengan

    BalasHapus
  37. amanda quinta laksono
    ( 05 / 9i )

    •permainan yang masih ada di daerah sekitar saya adalah :
    – lompat tali
    – petak umpet
    – kelereng
    – galasing

    BalasHapus
  38. Nama : Novan Akmal alfathir
    Kelas : 9i

    Permainan yang masih saya temukan di sekitar saya:
    1.gundu/kelereng
    2.petak umpat
    3.polisi maling/polmal
    4.demprak
    5.sepak bola
    Dan lainnya

    BalasHapus
  39. Ghifari hadi 9i (18)
    Permainan yang masih ada di daerah saya yaitu:
    1. Demprak
    2. Layang layang
    3. Petak umpet
    4. Kelereng
    5. Panggal
    6. Lompat tali
    7. BentenganBalasHapus

    BalasHapus
  40. Nama:Ratih Kurnia Anggraeni
    Kelas:9i(30)
    Permainan yg masih ada dan di jumpai di lingkungan sekitar saya adalah:
    1.petak umpet
    2.ular tangga
    3.bermain karet
    4.kelereng
    5.congklak
    6.layang²
    7.gobak sodor

    BalasHapus
  41. Nama : kinanti fisiantya
    Kelas : 9i

    Permainan yang masih ada di daerah sekitar saya :
    • layang layang
    • petak jongkok
    • petak umpet
    • polisi maling
    • dempak
    • gundu

    BalasHapus
  42. Alya Putri Supriyatna
    IX - I
    Di daerah saya permainan tradisional masi dapat ditemukan, dan masi di mainkan oleh orang di lingkungan saya yaitu diantaranya:
    • congklak
    • lompat tali menggunakan karet gelang
    • bubuy bulan
    • bebeletokan
    • galah barulu
    • bebentengan
    • oray orayan
    dari yang diatas semua permainan tersebut masi saya mainkan sampai sekarang✨🌈

    BalasHapus
  43. citra asmara
    IX-I
    mainan tradisional yang masi dapat di temukan di daerah rumah saya seperti:
    -petak umpet
    -lompat tali
    -gobak sodor
    -benteng
    dari semua itu saya suka memainkan nya dengan tmn tmn saya

    BalasHapus
  44. nama:dwi esti hidayah
    kelas:9i

    permainan yang masih ada di daerah saya yaitu:
    -petak umpet
    -congklak
    -lompat tali/karet
    -kelereng
    -bola bekel

    BalasHapus
  45. Via Chandra Amalina
    IX-i
    didaerah saya permainan tradisonal masih dapat dijumpai dan masih dapat dimainkan,mainannya seperti:
    1.bentengan
    2.lompat tali
    3.congklak
    4.petak jongkok
    5.polisi maling
    6.demprak
    7.gundu
    8.layang layangan

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Rika Hanani
    (31/9i)
    permainan tradisional yg masih ada didaerah sekitar saya yaitu:
    •Demprak
    •Lompat tali
    •Congklak
    •Petak umpet
    •Layang-layang
    •Petak Jongkok
    •Kelereng/gundu
    •Bola bekel

    BalasHapus
  48. Nama : Aulia Rahmawati (9)
    Kelas : 9-I

    Permainan Tradisional di sekitar daerah saya sekarang sudah jarang ditemuin karena adanya teknologi yang semakin canggih seperti (HP) dan alat-alat modern lainnya.
    Tetapi ada yang masih kita jumpai di daerah saya yaitu permainan :
    1. Lompat tali
    2. Bermain Kelereng
    3. Petak Umpet
    4. Dampu Bulan/Demprak
    5. Gobak Sodor.
    Disalah satu permainan itu yang sering saya mainkan bersama teman-teman saya ketika bulan puasa yaitu permainan gobak sodor karena permainan itu sangat asik dan mempunyai nilai kebersamaan.

    BalasHapus
  49. Nama : Dwi Aprianti Putri
    Kelas : 9-I

    6 Oktober 2020 09.02
    Nama : Dwi Aprianti Putri
    Kelas : 9-I

    permainan tradisional :
    - petak umpet
    - umbi umbian
    - wak wak gung
    - demprak
    - gasing kayu ( panggal )
    - lompat tali
    - bola bekel
    - polisi maling
    - kotak pos
    - lempar sandal

    sebenernya masih banyak permainan tradisional lainnya di daerah saya, tapii saya lupa hehehehe.

    BalasHapus
  50. Nama:Audy Aurelia
    Kelas:9i
    Permainan tradisional yang masih dijumpai di daerah saya:
    1.petak umpet
    2.congklak
    3.polisi maling
    4.demprak
    5.lompat karet
    6.kotak pos
    7.gundu
    8.petak jongkok

    BalasHapus
  51. nama :fitrah salsabilah
    kelas:9i(16)
    permainan tradisional sudah jarang saya temui tapi ada beberapa yaitu:demprak
    kelereng
    layang"
    petak umpet

    BalasHapus
  52. Nama : Aaliyah fakhrun nisa
    Kelas : IX - I (9I)
    No.a : 01
    Permainan tradisional di daerah sayasudah jarang saya temui tapi ada beberapa yang masih saya temui contoh nya:
    -Petak Umpet
    -Petak Jongkok
    -Layang-layang
    -Kelereng
    -Lompat Karet
    -Kotak Pos

    BalasHapus
  53. Nama:dina ratu mulya
    Kelas:9i (absen 12)
    Permainan tradisional yg masih ada di lingkungan sekitar adalah:
    -petak umpet
    -kelereng
    -lompat tali
    -bola bekel
    -congklak
    -demprak
    Namun sebagian lainnya sudah jarang ada anak yg memainkan,bahkan sudah tidak ada.
    Dan permainan" tersebut digantikan oleh game online yg sudah tersedia di handphone masing".

    BalasHapus
  54. Nama: Andafa islamy pasya
    Kelas : 9i
    Permainan yang masih saya jumpai disekitar saya
    -Petak umpat
    - bola bekel
    -gundu
    -congklak
    - gobak sodor
    - dan permainan ular naga panjang

    BalasHapus
  55. nama : ismi athiyyah
    kelas : 9i

    permainan tradisional yang masih saya temui adalah
    -petak umpet
    -demprak
    -congklak
    -kelereng
    -bola bekel
    -kotak pos

    BalasHapus
  56. Nama:Sultan
    kelas : 9i

    permainan tradisional yang masih saya temui adalah
    -petak umpet
    -demprak
    -congklak
    -kelereng
    -Bola gebok
    -kotak pos

    BalasHapus
  57. Alfian Pratama Wira Wicaksana
    IX-I/03
    mainan tradisional sudah jarang saya temui tapi ada beberapa yaitu
    1.Layang-Layang
    2.petak umpet
    3.benteng
    4.ular tangga
    5.petak jongkok
    6.lompat karet

    BalasHapus
  58. Muhammad Rafly Firmansyah
    9 I/26
    permainan tradisional :
    - petak umpet
    - umbi umbian
    - gasing kayu ( panggal )
    - lompat tali
    - bola bekel
    - polisi maling
    - lempar sandal

    BalasHapus
  59. Muhammad Sheva Atallah
    9F /21

    permainan tradisional yang masih saya temui di sekitar komplek saya adalah
    -petak umpet
    -demprak
    - BENTENGAN
    - lempar sendal
    -Bola gebok

    BalasHapus
  60. Nama: DAFFA ludian fauzan (7)
    Kelas:9-F
    Permainan yg saya masih mainkan
    1.Layangan
    2.lempar sendal
    3.benteng
    4.pentak umpet dan
    5.kelereng

    BalasHapus
  61. Nama:Yoga putra pratama
    Kelas:9F
    Permainan yang masih saya jumpai di sekitar saya adalah:
    -kelereng
    -karet
    - petak umpat
    -dampuk kapal
    -lempar sendal

    BalasHapus
  62. Michael Jordan (17)
    kelas : IX f
    Permainan tradisional yang masih ada di sekitar saya adalah
    - demprak
    - dam das 12
    - benteng
    - umbi - umbian
    - polisi maling
    - permainan karet

    BalasHapus
  63. Isyana balqis
    9f/15
    Di lingkungan sekitar saya masih bisa menemukan beberapa permainan tradisional seperti demprak
    lompat tali,
    bekel,
    petak umpet,
    permainan papan,
    kelereng,
    layang-layang,dll

    BalasHapus
  64. Hanny rahmawati(13) 9f

    Permainan tradisional yg masih ada di lingkungan sekitar adalah:
    1.petak umpet
    2.kelereng
    3.lompat tali
    4.bola bekel
    5.congklak
    6.demprak

    Namun sebagian lainnya sudah jarang ada anak yg memainkan,bahkan sudah tidak ada.
    Dan permainan" tersebut digantikan oleh game online yg sudah tersedia di handphone masing".

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Nama : Nia Novitasari
    Kelas : 9F
    No absen: 25
    Permainan tradisional yang masih sering di jumpai dan ada juga yang jarang sekali di temui;
    1. Lompat karet
    2. Bola bekel
    3. Layang - layang
    4. Petak umpet
    5. Kelereng
    6. Petak jongkok
    7. Monopoli
    8. Demprak
    9. Congklak
    Dan lainnya...

    BalasHapus
  67. zahra dwi anggita
    36/9f
    permainan tradisional yang saya perna mainkan dan masih ada disekitar lingkungan saya,yaitu
    •lompat karet
    •demprak
    •galaksing
    •bentengan
    •ampar ampar pisang
    •nenek gerondong
    •bekel
    •congklak
    •kelereng

    BalasHapus
  68. Nama:Fachreyzi Siregar
    Kelas:9F

    Permainan Tradisional Yang Masih Saya Lihat/Jumpai Di Daerah Sekitar Tempat Tinggal Saya:
    -Kelereng
    -Demprak

    BalasHapus
  69. Yanuar Rahmat Hidayat
    9F / 33

    Permainan tradisional yang ada di daerah saya adalah :

    -Bentengan
    -Layang-Layang
    -Dampu Kapal
    -Gasing
    -Petak Umpat
    -Lompat Tali
    -Biji Karet
    -Kelereng
    -Congklak
    -Lempar Batu

    BalasHapus
  70. nazira azra
    9f
    absen 23

    permainan tradisional yang masih saya temui di sekitar ruma saya adalah :

    1.petak umpat
    2.gerobak sodor
    3.benteng
    4.congklak
    5.ular naga panjang
    6.lompat tali
    7.nenek gerondong
    8.petak jongkok

    BalasHapus
  71. Deri Pratama Nugraha 9f absen 8
    Permainan tradisional di lingkungan rumah saya masih banyak di mainkan di antaranya:
    -benteng
    -petak umpet
    -sepak bola di jalanan
    -demprak
    -bola gembok
    -dan congklak

    Permainan tersebut masih banyak di mainkan di linkungan rumah saya terlebih pada saat bulan ramadhan

    BalasHapus
  72. Nama : Haichal Abbrar
    Kelas : 9F
    Permainan yang masih saya jumpai di lingkungan sekitar
    -kelereng
    -petak umpet
    -loncat tali
    -demprak
    -kena jadi

    BalasHapus
  73. Nama : Syalwa Aliya Tama
    Kelas : 9F
    Absen : 30

    Permainan tradisional masih sering saya temui di rusun... permainan tradisionalnya yaitu
    1. Lompat tali
    2. Main congklak
    3. Petak umpet
    4. Lempar sendal
    5. Bola bekel
    6. Benteng
    7. Gobak sodor
    8. Tepok nyamuk
    9. Kelereng
    10. Polisi maling
    11. Petak jongkok

    BalasHapus
  74. Nama: Farhan Elpasha
    Kelas: 9F
    permainan tradisional yang masih saya temui di sekitar komplek saya adalah
    -petak umpet
    - BENTENGAN
    - lempar sendal
    -Bola gebok

    BalasHapus
  75. Julyanto Amin Joyo Saputro ( 16 )
    Kelas : IX - F
    Permainan tradisional yang masih ada di sekitar saya adalah :
    - Petak umpet
    - Demprak
    - Polisi maling
    - Lempar sendal
    - Benteng
    - Kelereng

    BalasHapus
  76. Nama:Windi WidyaNingrum
    Kelas 9F
    Absen 32

    Permainan lompat tali di daerah saya sudah jarang dimainkan oleh anak anak lagi.

    Permainan tradisional=
    1.kelereng
    2.petak umpet
    3.layang-layang
    4.congklak
    5.bola bekel
    6.kotak pos
    7.benteng
    8.petak jongkok
    9.demprak

    BalasHapus
  77. Nama : addel cahaya dwi lestari
    Kelas : 9F

    Permainan :
    - demprak
    - gundu
    - bola bekel
    - congklak
    - petak umpet
    - petak jongkok
    - gangsing kayu
    - lompat karet
    - Enggrang
    - layang layang

    Di sekitar rumah saya masih ada anak kecil yang bermain permainan ini tetapi zaman sekarang Handphone adalah permainan anak anak jadi jarang di temukan

    BalasHapus
  78. Hilwah Azka 9F (14)

    Permainan tradisional yg masih ada di lingkungan sekitar adalah:
    1.petak umpet
    2.kelereng
    3.lompat tali
    4.bola bekel
    5.congklak
    6.demprak
    7.polisi maling
    8.layang layang

    BalasHapus
  79. Nama : Tyara Adriani Putri
    Kelas : 9F
    Permainan tradisional yang masih ada disekitar saya :
    - Benteng
    - Kelereng
    - Congklak
    - Petak umpet
    - Galangsing
    - Lempar sendal
    - Polisi maling
    - Kena jadi

    BalasHapus
  80. Ardiyansyah putra (5)
    Kelas:9fn
    Permainan tradisional yang masi didaerah saya yaitu.
    -kelereng
    - main kartu
    -main petakjongkok
    -main benteng
    -main banbend
    -galaxi

    BalasHapus
  81. Muhamad Maulana Ricky
    9F/18

    Permainan tradisional yang sering saya temukan di sekitar rumah saya adalah:
    -petak umpet
    -demprak
    -Bentengan
    -gangsing kayu
    -lempar sendal

    BalasHapus
  82. seviani ramadani (29)
    IX - F

    permainan tradisional yang masih saya temukan disekitar rumah saya adalah :
    1. petak umpet
    2. galaksi
    3. kelereng
    4. lompat tali
    5. main benteng

    BalasHapus
  83. Rika apriani (27)
    9F
    permainan tradisional yang masih saya jumpai, yaitu petak umpet, benteng, galaksing, kena jadi, petak jongkok, lompat tali, congklak, bekel, ular naga, umpet sendal, 7 batu, demprak

    BalasHapus
  84. Nama:Agniannisa Fajira
    Kelas:9f
    mainan tradisional yang ada disekitar saya yaitu:
    1.petak umpet
    2.layang-layang
    3.benteng
    4.lompat tali
    5.demprak

    BalasHapus
  85. Nama:Agun mateuna Pellu
    Kelas:9F
    Permainan tradisional yang masih ada di sekitar saya
    Layang layang
    Petak umpet
    Lompat tali

    BalasHapus
  86. Nama : Nazhofa Shaffatturrohman
    Kelas : 9F
    Absen : 22
    Permainan tradisional yang masih ada disekitar saya yaitu : Kelereng, Petak umpet, Layang-layang, Benteng, dan Demprak

    BalasHapus
  87. Nama : Dwi Hadi Romiyanto
    Kelas : 9-f

    6 Oktober 2020 09.02
    Nama : Dwi Aprianti Putri
    Kelas : 9-I

    permainan tradisional :
    - petak umpet
    - umbi umbian
    - wak wak gung
    - demprak
    - gasing kayu ( panggal )
    - lompat tali
    - bola bekel
    - polisi maling
    - kotak pos
    - lempar sandal

    sebenernya masih banyak permainan tradisional lainnya di daerah saya, tapii saya lupa hehehehe.

    BalasHapus
  88. Nama : Riavontera
    Kelas : IX-G

    Sudah jarang yg saya temui biasanya ada beberapa saja seperti demprak,lompat karet, dan gundu.Karena anak-anak di sekitar rumah saya lebih sering memainkan gadget

    BalasHapus
  89. Nama:Prisasta Reva Putri
    Kelas:9G

    Sudah jarang di temui semenjak adanya ponsel genggam,tetapi ada beberapa yang saya temui di daerah saya seperti
    -Lompat Karet
    -Pitak umpet
    -pitak jongkok
    -Bekel
    -umpat sendal
    -demprak
    -benteng

    BalasHapus
  90. Nama : Elsa Dwi Lestari
    Kelas : 9G

    permainan tradisional yang masih saya temui yaitu, petak umpet, layang layang, lompat tali dan bola bekel.

    BalasHapus
  91. Ramanda 9G

    permainan yg masih saya jumpai di
    sekitar saya
    -bola bekel
    -lompat tali
    -petak umpet
    -kelereng
    -demprak
    -grobak sodor
    -ular tangga panjang
    Dan masih banyak lain nya👍

    BalasHapus
  92. Nama : Yuga Putra Handika prasetya
    Kelas : 9G

    Permainan tradisional di daerah sekitar saya sudah jarang ditemui karena sekarang sudah memakai teknologi yang canggih seperti bermain game online di handphone tetapi ada permainan tradisional yang masih ada di sekitar saya seperti :
    - permainan kelereng
    - permainan demprak
    - permainan kartu gambaran
    - permainan gobak sodor
    - permainan petak umpat
    - permainan lompat tali
    - dan permainan congklak

    BalasHapus
  93. Nama : Ahmad Dani.S
    Kelas : 9G

    Permainan tradisional yang masih ada di daerah saya adalah lompat tali dan congklak. Karena anak sekarang lebih tertarik terhadap handphone dari pada bermain permainan tradisional

    BalasHapus
  94. Nama : Dwi Indriyani
    Kelas : IX-G

    Permainan tradisional yg ada di sekitar daerah saya tidka begitu banyak dijumpai tetapi ada beberapa yg saya temui di daerah saya.
    - petak umpet
    - kelereng
    - lompat tali
    - lempar sandal
    - bekel
    - layang-layang

    BalasHapus
  95. Alma Maida Wirastuti (2)
    IX-G

    permainan tradisional yang masih saya jumpai di sekitar saya:
    -petak umpet
    -benteng
    -gobak sodor
    -polisi maling
    -ular naga

    BalasHapus
  96. Nama: Aprial Nugraha Muhammad Zein.
    Kelas: 9-G

    Permainan Tradisional Yang Masih Ada Di Sekitar Saya Adalah:

    - Gundu,
    - Bola Bekel,
    - Lompat Tali,
    - Petak Umpet,
    - Polisi Maling,
    - Kotak Pos, dan
    - Lempar Sendal.

    BalasHapus
  97. 14. Fira Rahmayanti (9G)

    Permainan tradisional yang sering saya jumpai disekitar saya adalah :
    1. Petak umpet
    2. Kelereng
    3. Layangan
    4. Congklak
    5. Gobaksodor/galaksin

    BalasHapus
  98. Yuniyawati
    lX-G

    Di daerah tempat tinggal saya masih banyak permainan tradisional yang masih di mainkan oleh anak" usia dini, di antaranya yaitu:

    ~Layang-layang
    ~Bentengan
    ~Petak umpet
    ~Tangkap jadi
    ~Lempar sendal
    ~Batu keramik
    ~Lompat karet
    ~Demprak
    ~Gundu
    ~Tajos
    ~Bola Bekel
    ~Suit Lompat
    ~Crop(tutup botol bekas)

    Hanya itu si yang masih sering jumpai di sekitar tempat saya tinggal,walau masih banyak permainan tradisional lainya, kebanyakan dari mereka sudah mengenal internet/handphone.

    BalasHapus
  99. 28.Raveriel Arziky Satriawan (IX G)
    Permainan tradisional yang masih ada di sekitar saya adalah:

    •Kelereng
    •Petak Umpet
    •Lempar sendal
    •Lompat Tali
    •Benteng
    •Bola Gebok

    BalasHapus
  100. Nama : Marsya Chiquita s (17)
    Kelas : lX -G
    Permainan tradisional yang masih ada di daerah saya yaitu :
    •kelereng
    •petak umpet
    •lompat tali
    •galaksin
    •petak jongkok
    •layang layang
    •demprak
    •congklak

    BalasHapus
  101. Nama : Salsabila Yulia Azhari (32)
    Kelas : lX-G
    Permainan tradisional yang masih ada di daerah saya yaitu
    •kelereng
    •petak umpet
    •lompat tali
    •gundu
    •petak jongkok
    •demprak
    •layang layang
    •congklak
    •bentengan

    BalasHapus
  102. Sarah Salsabila
    9G
    permainan tradisional yang masih ada di daerah saya yaitu:
    -congklak
    -bola bekel
    -layangan
    -benteng
    -kelereng

    BalasHapus
  103. Nama :Aura Nazwa
    Kelas :9G
    Permainan tradisional yang masih ada di lingkungan sekitar yaitu seperti Gobak sodor,ular Naga panjang,petak umpet, Congklak,bola bekel,Tali karet

    BalasHapus
  104. Nama:Rizqi Maulana Ismail
    Kls:9G
    Masih Banyak Di Jumpai Permainan Tradisional Di Sekitar Saya
    Contoh Permainannya Adalah
    -Petak Umpet
    -Demprak
    -kelereng
    -Layang ngan
    -Bentengan

    BalasHapus
  105. 8 Oktober 2020
    Nama : Raffa Dzaky Abyan
    Kelas : 9-G
    Permainan tradisional yang masih ada di daerah saya yaitu
    •kelereng
    •petak umpet
    •lompat tali
    •gundu
    •petak jongkok
    •demprak
    •layang layang
    •congklak
    •bentengan

    BalasHapus
  106. Nama: Astrid Mitra Melinda
    Kelas: 9G

    Permainan tradisional yang masi sering dijumpai dilingkungan sekitar saya yaitu:
    1.Petak Umpet
    2.Kelereng
    3.Layang'
    4.Demprak
    5.Gangsing
    6.Congklak
    7.Gerobak Sodor
    8.Lompat Tali Karet
    9.Bola Bekel

    BalasHapus
  107. Nama : Andam Dave Rizal
    Kelas : 9G
    Permainan tradisional yang masih ada di rumah saya :
    1.petak umpet
    2.tap jongkok
    3.kena jadi
    4.layangan
    5.gasing
    6.bentengan
    7.gundu
    8.bola gebok
    9.lempar sendal
    10.tahu gejrot

    BalasHapus
  108. Nama:Restu saputra
    Kelas:9G
    Permainan tradisional yg masih ada di lingkungan rimah saya adalah
    1.petak umpet
    2.kena jadi
    3.bentengan
    4.gangsing
    5.layangan
    6.demprak
    7.petak jongkok
    8.lompat karet

    BalasHapus
  109. Nama : Divanti Marsha Irnanda
    Kelas : 9G
    Permainan-permainan tersebut sudah tidak ada di sekitar saya. Tetapi di sekitar saya masih ada yang bermain bola bekel, petak umpet, benteng, dan gobak sodor.

    BalasHapus
  110. Maulana As Sajad
    9G
    Permainan yg masih sering saya jumpai di daerah saya adalah

    Permainan kelereng
    Petak umpet
    Gobak sodor
    Bentengan
    Kena jadi
    7 pahlawan
    Gang sing
    Lompat tali
    Demprak

    BalasHapus
  111. Nama : Nabila Dwi Nataneilla
    Kelas : 9G (23)

    Permainan yangjyang masih dapat saya jumpai di lingkungan sekitar saya yaitu:
    •Demprak
    •Lompat Tali
    •conglak
    •Bola Bekel
    •Galaksian
    •Bentengan
    •Petak Umpet

    BalasHapus
  112. Nama:Muhammad Fajar Sakti
    kelas:9G
    permainan yang saya masih jumpai di lingkungan sekitar yaitu:-demprak
    -congklak
    -benteng
    -petak umpet

    BalasHapus
  113. Nama: Aura Nazwa
    Kelas : 9g
    Permainan yang masih saya jumpai disekitar saya
    -Petak umpat
    - bola bekel
    -gundu
    -congklak
    - gobak sodor
    - dan permainan ular naga panjang

    BalasHapus
  114. Terima kasih info yang sangat bermanfaat, Jangan lupa kunjungi blog kecil saya di
    Info Travel Terbaru
    Berita Otomotif Terbaru
    Info Menarik Terbaru

    BalasHapus